Praha dari Flores: Ruteng, NTT

stipram.ac.id

Berhawa sejuk dengan latar belakang pegunungan Mandosawu nan asri, Ruteng merupakan salah satu kota terpenting, khususnya bagi pariwisata di Flores.

Photo Via Misswawa_fa

Sebagai kota pusat penyebaran Katolik, tak heran jika di sini Anda akan menjumpai banyak sekali gereja katedral –dari yang bersejarah sampai yang baru – sehingga nuansa Eropa terasa begitu kental, sampai-sampai dijuluki sebagai Praha dari Flores.

Photo Via Rama-emerald

Selain udara sejuk dan katedral-katedral bergaya Eropa, obyek wisata lain yang menarik dikunjungi di Ruteng antara lain kampung tradisional Compang Ruteng, atau menelusuri jejak manusia purba Homo Floresenesis di situs purbakala Liang Bua.

Photo Via Eazytraveler

Dan yang tak boleh ketinggalan tentu saja menikmati keindahan panorama sawah Lingko dari atas bukit. Berbentuk jari-jari melingkar dengan formasi menyerupai jaring laba-laba, sawah ini terlihat sangat unik dan berbeda dengan terasering yang ada di Tegallalang, Bali.

Photo Via Verasumargo

Atau kalau ingin melihat sesuatu yang lebih eksotis dan menantang, sekalian saja trekking ke Wae Rebo. Tapi pastikan dulu Anda dalam kondisi prima, karena perjalanannya cukup jauh, sekitar tiga sampai enam jam berjalan kaki.

Photo Via Asokaremadja,-Ahmad_hasanela

Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, Wae Rebo merupakan sebuah perkampungan kuno yang berisi tujuh buah rumah adat berbentuk kerucut yang sudah dihuni selama 19 generasi.

Photo Via Ferrytanasiaphotography-wanderlustbook

Udara pegunungan yang jauh dari polusi tentunya akan terasa sangat menyegarkan. Bahkan di malam hari pun Anda bisa menyaksikan dengan jelas langit bertaburan bintang yang menakjubkan.

Karena letaknya yang cukup terpencil, kehidupan masyarakat di sini tidak begitu terpengaruh oleh modernisasi, sehingga Anda bisa melihat langsung bagaimana masyaraka menjalani hidup dengan tradisi dan budaya luhur yang masih terpelihara.

Photo Via Sambonaventura

Jangan malu untuk berinteraksi dengan penghuni kampung tersebut dan mencoba permainan tradisional, serta mencicipi lezatnya kuliner lokal.


Sumber : https://indonesia.tripcanvas.co/id/tempat-wisata-berhawa-sejuk/

Komentar